Meski resesi menghantam ekonomi dunia dua tahun lalu, tapi haute couture yang sempat terseret arus ready-to-wear dengan slogannya, value for money. Juga sistem fast fashion dari peritel Highstreet yang selalu menawarkan koleksi baru dalam hitungan minggu dan mendapat banyak konsumen dibandingkan slow fashion
yang memiliki rentang waktu enam bulan, tapi Paris tetap penuh pesona
dengan rancangan busananya. Di sini, bukan harga yang jadi patokan
utama. Tapi cita rasa seni yang tinggi, eksklusivitas, simbol status,
dan pernyataan gaya. Jangan lupa, Prancis adalah gudangnya seniman papan
atas dunia.
Baru-baru ini, Alexander McQueen mengumumkan bahwa lini pembuatan
kostum mereka beroleh keuntungan signifikan, yang disusul berbagai
pernyataan positif dari pelaku mode lain bahwa couture masih terus bernapas. Ada lagi rumah mode, Christian Dior, yang menambah jumlah kursi untuk pertunjukkan haute couture
di Paris yang baru saja dihelat. Hal yang senada juga dirilis oleh
rumah mode, Jean Paul Gaultier, Giorgio Armani, Chanel, dan Givenchy,
masih mampu memikat ratusan pasang mata dengan gaun-gaun indah bernilai
seni tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar